Jumat, 06 April 2012

KENAPA DAYA SERAP PESERTA DIDIK RENDAH

Kenapa peserta didik kesulitan menguasai bidang studi yang dipelajarinya? atau kenapa daya serap peserta didik terhadap penguasaan bidang studi rendah?
Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Mari kita coba telaah apa yang terjadi pada proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang terjadi di sekolah dari sisi waktu.

Kalau kita tanya pada peserta didik tingkat 1  SMK, "kalian berapa lama belajar Agama (pinjam nama bidang studi) di tingkat 1 SMK", jawabannya koor hampir semuanya sama yaitu 1 tahun, apakah benar jawaban peserta didik ini?

Mari kita lihat secara detil perhitungannya, sebagai berikut:
  • Dalam satu minggu materi pelajaran bidang studi agama diajarkan 1 kali pertemuan.
  • Satu kali pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran.
  • Satu jam pelajaran terdiri dari 45 menit, sehingga dalam satu kali pertemuan waktu yang diperlukan    90 menit.
  • Bila dalam satu tahun terdiri dari 40 minggu efektif waktu yang tersedia (perhitungan kalender akademik yang berlaku di sekolah), maka perhitungan jumlah waktu KBM sebenarnya adalah:          40 minggu x 90 menit = 3600 menit atau setara dengan 60 jam (1 jam = 60 menit) atau sama saja  dengan dua setengah hari saja.
Jadi jawaban peserta didik di atas yang menjawab 1 tahun (360 hari) keliru besar, sebenarnya waktu  belajar bidang studi Agama tadi di sekolah hanya 2,5 hari saja, itupun dengan catatan bila guru dan siswanya dalam satu tahun masuk terus tanpa bolos.

Perhitungan di atas berlaku untuk perhitungan bidang studi lainnya
Artinya apa? Sulit dibayangkan peserta didik akan mampu menguasai bidang studi yang diajarkan oleh Guru (pendidikan formal) tersebut sesuai tuntutan kurikulum (jumlah waktu sangat minim) kalau tidak didukung dengan usaha lainnya dalam mencari ilmu pengetahuan (pendidikan informal dan atau non formal).
Jadi kita tidak usah heran bila peserta didik memiliki banyak kelemahan, mereka tidak mampu menguasai bidang studi Agama, Matematika, Bahasa Inggris dan lain-lainnya dengan baik sementara harapan dari tujuan pendidikan itu tinggi sekali. 

Dengan gambaran di atas, maka sebaiknya peserta didik  dapat mengambil langkah yang tepat kalau  mau menguasai bidang studi Agama, mampu melakukan perhitungan Matematika, bisa berbicara dalam bahasa Inggris dan lain sebagainya, dengan cara melakukan usaha tambahan belajar ditempat lain (pendidikan informal, non formal atau usaha sendiri).

Semoga tulisan Umar Bakrie nDeso ini bisa memberikan gambaran yang dapat memacu motivasi peserta didik dalam belajar untuk bekal kehidupan dimasa yang akan datang.



Kamis, 05 April 2012

BERAPA PERSENKAH GURU BIDANG STUDI MEMBERIKAN KONTRIBUSI KEILMUANYA PADA PESERTA DIDIK?

Sebenarnya berapa persenkah (%)  kita sebagai Guru memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi pada peserta didik di sekolah? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu tidak mudah dilakukan, karena bisa saja ada salah seorang Guru yang memberikan pengarahan/ pendidikan lebih  diluar KBM resmi dan aspek-aspek lainnya.

Untuk memudahkan perhitungan, kita coba ilustrasikan bahwa yang akan kita cetak adalah   siswa  yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah digariskan, anggap saja kita akan membuat sebuah kubus besar yang utuh.

Dimana kubus besar dan utuh ini (kompetensi keahlian peserta didik) disusun dari berbagai kubus kecil (bidang studi yang disampaikan Guru), bila kubus kecil tadi tersusun atas 27 buah kubus kecil, maka kontribusi kita sebagai Guru yang  mengajar satu kali atau satu bidang studi saja pada peserta didik, besaran prosentasinya adalah 1/27 x 100%, kira-kira hanya 3,7% saja (kecil sekali).

Perhitungan sebenarnya adalah jumlah seluruh bidang studi yang diajarkan dari mulai tingkat 1 sampai tingkat 3 (untuk SMK 3 tahun) bila jumlahnya lebih banyak dari angka 27, maka dengan menggunakan perhitungan yang sama jumlah prosentasinya semakin kecil saja.

Perhitungan diatas didasarkan pada bidang studi yang kita berikan, bukan pada perhitungan jumlah jam. Dengan melakukan perhitungan yang sama, bila seluruh unsur dimasukkan akan dapat diperoleh perhitungan yang pasti. (Guru dapat melakukan perhitungannya sendiri)
Semoga kita yang ditugasi untuk memberikan keilmuan pada peserta didik, menyadari akan keadaan hal tersebut betapa kecilnya kontribusi kita sebagai Guru pada peserta didik, diharapkan dengan adanya ilustrasi di atas kita dapat berbuat lebih banyak untuk mereka, agar anak didik kita dapat mencapai apa yang dicita-citakannya.

MAKNA KATA "MAJUKAN SEKOLAH ANDA"


Kata yang diucapkan oleh mantan petinggi SMK saat berjabatan tangan “Majukan Sekolah Anda”, mengandung arti yang sangat dalam, Umar Bakrie nDeso berpikir:
  • Beliau sadar betul bahwa sebagai seorang pejabat pembuat kebijakan, tidak bisa secara langsung merubah apa yang menjadi tanggungjawabnya untuk menjadikan anak bangsa ini sesuai dengan tuntutan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang masalah  pendidikan secara Nasional, hanya Guru yang bersentuhan langsung dengan muridnya yang mampu menjadikan anak bangsa dapat mencapai tujuan pendidikan yang telah digariskan.
  • Atas kesadaran tersebut, maka ia dengan segala kewenangannya berusaha untuk meningkatkan kualitas kompetensi dan pendidikan bagi Guru, dengan harapan anak bangsa bangsa akan memperoleh pendidikan yang bermutu dari seorang Guru yang professional.
  • Motivasi bagi guru terus menerus dilakukan baik melalui hubungan langsung tatap muka, via Tlp. atau sarana IT lainnya, pengadaan program-program terobosan bidang pendidikan terus menerus dilakukan.
  • Mitra kerja yang dapat membantu pekerjaannya adalah Guru.
Terimakasih engkau yang telah mengerti dan menghargai tentang tugas seorang Guru.

Demikian ulasan singkat Umar Bakrie nDeso tentang pejabat yang disegani.

CATATAN ADMINISTRASI APA YANG HARUS DISIAPKAN SEORANG GURU

Administrasi Guru, yang menyertainya dalam melakukan proses kegiatan belajar mengajar (KBM), antara lain terdiri dari:
  • Silabus yang menjadi target pencapaian kurikulum yang harus Guru lakukan.
  • Kalender Akademik, yang digunakan sebagai acuan dalam perhitungan jumlah jam dan tatap muka dalam melakukan KBM.
  • Program Tahunan, yaitu bagaimana seorang Guru dapat mengatur waktu schedule pembelajaran dalam satu tahun penuh.
  • Program Semester, yaitu bagaimana Guru dalam satu semester mengatur materi pembelajaran sesuai dengan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) agar tidak terjadi tumpang tindih.
  • Agenda Guru, yaitu buku catatan  Guru yang berisi tentang hal-hal kejadian selama proses KBM berlangsung yang dianggap penting untuk menjadi perhatian.
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), yaitu bagaimana seorang Guru harus mempersiapkan materi pembelajaran yang sesuai dengan silabus yang berlaku untuk disampaikan pada peserta didik, sehingga baik dari sisi materi, waktu dan tatap muka yang diperlukan dapat sesuai dengan target pencapaian kurikulum.
  • Buku Absensi Siswa, Guru harus memiliki buku absensi sendiri agar dapat mendeteksi seluruh siswanya dan dapat mengetahui secara jelas bagaimana materi pembelajaran yang diberikan telah diterima oleh seluruh siswa.
  • Buku Nilai, tentunya materi yang telah diajarkan perlu dievaluasi pada momen yang dianggap tepat, bagaimana kemampuan daya serap peserta didik tentang materi yang telah diajarkan, dan dapat juga digunakan sebagai bahan feedback bagi Guru yang bersangkutan tentang sistem pembelajaran yang telah dilaksanakan selama ini, untuk dilakukan perubahan kearah yang lebih baik.

Bagaimana seorang Guru yang telah mempersiapkan Administrasi keguruannya, hasil pekerjaannya masih tetap saja harus di validasi oleh pihak Kepala Sekolah dan atau Pengawas tentang apa yang telah dibuatnya. Wow…..!!!

Selain kewajiban penyiapan Administrasi Guru, seorang Guru dituntut juga untuk dapat memahami dan mengerti tentang UUD, UU, Kepmen, Permen, Pergub, Perda yang mengatur jabatan profesi seorang Guru.

Tuntutan lain, agar Guru harus secara terus menerus mengembangkan kompetensi keahlian dan atau pendidikannya mulai dari S-1 ke S-2 dan S-3 dan kalau perlu berubah jadi Guru Besar alias Profesor
Amazing….. harapan Negara pada seorang Guru, walaupun dengan segala keterbatasan yang dimilikinya, ia masih tetap setia pada profesi yang menjadi panggilan jiwanya untuk memajukan anak bangsa.


PANTASLAH KIRANYA GURU DIJULUKI PAHLAWAN TANPA TANDA JASA

KISAH GURU SD YANG BIJAKSANA

Guru SD yang bijaksana ini dikisahkan ulang, karena memang ini bukan karangan Umar Bakrie nDeso tapi didasarkankan pada kejadian nyata, kejadiannya adalah sebagai berikut:

Ada seorang siswa SD kelas 1 yang memang daya tangkapnya kurang dibandingkan dengan teman sekelas lainnya sehingga pada saat kenaikan kelas,  secara akademis anak tersebut tidak memenuhi persyaratan naik ke kelas berikutnya, namun karena sang Guru ini punya pemikiran lain yang tidak diajarkan dibangku kuliahnya, anak kelas1 tadi yang harusnya tidak naik dinaikkannya juga dengan pertimbangan mudah-mudahan nanti ia di kelas 2 dapat berubah dan ada kemajuan.

Begitu anak tersebut duduk di kelas 2 rupanya kejadian di kelas 1 berulang kembali,  ia masih belum mampu  untuk bisa menyerap pengetahuan dengan  baik, sehingga saat kenaikan kelas berikutnya secara akademis anak ini tidak layak untuk naik ke kelas 3, lagi-lagi sang Guru punya pemikiran yang sama "mudah-mudahan kalau anak ini dinaikan ke kelas 3 ia akan berubah" dan akhirnya anak ini naik juga ke kelas 3.

Selanjutnya di kelas 3, anak ini masih tetap juga kurang, tapi ia masih tetap dinaikkan juga, karena kasih sayang dan sentuhan sang Guru, sampai pada akhir sekolah atau sampai anak tersebut lulus dari SD.

Apa yang terjadi setelah tahun berganti tahun, sang Guru tidak menyangka tangannya dicium oleh pengusaha kaya bekas muridnya dulu, ia sangat berterimakasih pada sang Guru, karena kasih sayangnya, kebijakannya, pengetahuan dan keyakinan Guru tadi bahwa hidup bukanlah Matematika terbukti dengan muridnya yang dulu sangat kurang dibidang akademis, tapi ia dapat menjadi pengusaha yang berhasil dan sukses.

Demikian kisah nyata ini saya sampaikan, bahwa memang "Hidup Bukanlah Matematika" semua bisa saja terjadi dan berubah, dan hal tersebut  telah ada yang mengatur, yaitu Allah SWT dimana semua orang memiliki catatan sendiri-sendiri dalam hidupnya yang tertulis dalam Lauhul Mahfudz, semoga siapa saja yang membaca kisah ini dapat memiliki semangat juang yang tinggi untuk melakukan perubahan dalam kehidupan kearah yang jauh lebih baik, semuanya itu mungkin akan  terjadi.

LEARNING TO REFRIGERATION IN GUANGZHOO CHINA

Just Meeting with Mr. Hubert
To Produce Fin Refrigeration

Dinner with Finance Manager
Pray in China Mosque
In front Office
Weekend with Owner
Assembling Tube Refrigeration
Dinner with Top Management
Meeting with Mr. Hubert
Me and my Friends

In the office with Owner

To Operation Machine CNC Fin

EXPOSE KEMAJUAN PENDIDIKAN DI INDRAMAYU PADA EVENT NASIONAL MELALUI KEGIATAN PAMERAN

Inspeksi Kadisdik Prov. Jabar
Pameran Indonesia Kreatif di JCC
Pameran IT di Gedung Sate Bandung
Pameran Indonesia Kreatif di JCC
Dewi Komalamotik Cinta Losarang
Pameran di BLPT Bandung
Dipeluk Bp. Direktur
Kasubdit Pembelajaran Pesan C pad

Bp. Pranajaya Cinta SMK nDeso










Telah berkali-kali Umar Bakrie nDeso Santing mengusung kemajuan pendidikan di Indramayu melalui kegiatan pameran di tingkat Nasional baik yang diselenggaran di Jakarta Convention Center (JCC), Pekan Raya Jakarta (PRJ), Gedung SIKIB Jakarta, Gedung Sate Bandung. Semoga SMKN1 Losarang benar-benar menjadi suatu tempat belajar yang menyenangkan bagi peserta didik.

Rabu, 04 April 2012

PENCITRAAN SMKN1 LOSARANG PADA EVENT NASIONAL

Bp. Joko bersama anak-anak
Bp. Wahyudin Zarkasy Foto Bareng

Dalam menghantarkan SMKN1 Losarang dari Sekolah Rintisan Berstandar Nasional (RSN) menuju Standar Nasional (SN) Kemudian berlanjut pada status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), tentu tidak diperoleh dengan mudah, kerjasama semua pihak dari mulai Kepsek sampai pesuruh, semua saling bahu membahu berusaha untuk mengharumkan nama sekolah yang menjadi tempat kerja seluruh warga sekolah. Sumber daya tenaga edukasi 30% berpendidikan S-2, SMK yang dicita-citakannya adalah menjadi suatu tempat yang tepat bagi peserta didik dalam menimba ilmu pengetahuan dan teknologi yang siap berkompetisi memasuki DU/DI dan atau Perguruan Tinggi baik di dalam maupun luar negeri.

Nama baik SMKN1 Losarang selalu dipelihara dan dijaga melalui event-event seperti: Peserta aktif LKS Tingkat Propinsi Jabar, Peserta lomba bidang kesiswaan pada tingkat Nasional, menjadi sekolah yang berstatus Adiwiyata Mandiri, Bersertifikat ISO 9001:2008, tergabung dalam Program Pintar Bersama Daihatsu, memiliki institusi pasangan yang berstandar Nasional/Internasional, memiliki ICT Center yang selalu menjadi pusat pendataan sekolah baik Dapodik atau Padati, SMK perakit Laptop, siswanya banyak  terserap di Negara Sakura, memiliki gedung yang representatif sebagai SMK Kelompok Teknologi dan Rekayasa, masih banyak lagi penghargaan lain yang mendukung  nama besar SMKN1 Losarang yang Umar Bakrie nDeso tidak sampaikan disini.

Kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya  dalam mengharumkan nama SMKN1 Losarang yaitu  event pameran tingkat Nasional yang dilakukan secara rutin atas undangan Direktur Ditpsmk atau Disdik Propinsi Jabar, seperti penyelenggaraan pameran perakitan Laptop di Jakarta Convention Center (JCC), Pekan Raya Jakarta (PRJ), SIKIB (Jakarta), Gedung Sate Bandung dan tempat-tempat lainnya, nama SMKN1 Losarang sangat akrab ditelinga masyarakat Jabar/ Nasional dengan julukan SMK A*Note

PERCAKAPAN DENGAN MURID KEBANGGAAN


Top of Form
Bottom of Form





 


    • ASSALAMUALAIKUM BAPAK KAMAJAYA
      • wass, waduh saya gak bisa bhs jepang nich kalah sm muridnya, dibacanya?
    • KAPAN NIH KUNJUNGAN KE JEPANG,, JANGAN LUPA MAMPIR KE TEMPATKU DI NAGASAKI
      • waduh itu sedang diusahakan, kalau Allah mendengar dan mengabulkan saya ingin sekali berkunjung ke sana
    • AMMIN... tak doain semoga bisa ke jepang nemuin anak didiknya
      • ya lah anak2 didik kebanggaan, terobati rasanya melihat anak didik kayak kamu2 menjadi orang yang dapat dibanggakan
    • di jepang ,, kota yang cuacanya gak jauh beda dengan indonesia adalah nagasaki di bandingkan dengan yang lain mah,, di tokyo tiap hari banyak gempa kecil,, di nagano masih hujan salju
    • sekarang di jepang lagi musim semi,, bunga sakura dah pada mekar
      • kalau bisa kirim-kirim foto industri di jepang tolong ya buat gambaran pada adik2 kelas, kirim via email: yudhikamajaya@yahoo.co.id
    • OK ,, nti saya kirimin
      • dan tolong kalau bisa kontak dengan teman2 yang lain, saya minta barang 2 atau 3 foto saja masing-masing sesuai dengan tempatnya masing2, biar bupati indramayu tahu bahwa anaknya banyak yang bekerja di jepang sebagai tenaga profesional
    • kerjaan saya disini ditempatin di tempatin di bagian bahasa pemograman mesin CNC
      • luar biasa, kalau ada fotonya kamu sedang bekerja dengan mesin cnc dan teman lainnya juga begitu, saya ingin mengoleksinya, akan saya pampang melalui banner, biar siswa indramayu yang lain dapat mengikuti jejak2 kamu semua
    • bapak kamajaya,, saya pesen ama adik2 kelas saya,, terutama program keahlian permesinan,, para guru pengajarnya harus lebih menekankan mental dan disiplin,, terutama bahasa jepang juga harus pintar
      • ya pesan kamu, akan saya perhatikan dan akan saya omongkan karena, masukan dari kamu sangat berharga bagi perbaikan pendidikan di losarang, kamu bisa kontak dengan teman yang lainnya yang ada di jepang?
    • ya nanti akan saya hubungi temen2 aku disini,,, itsumo osewani natte orimasu ,, artinya terimasih atas dukungan anda selama ini
    • okage samade genki desu,, berkat anda saya baik2 aja sampai sekarang ini
      • saya ingin sekali memberikan gambaran ke bupati indramayu tentang kemajuan di smk losarang melalui kamu2 yang ada di jepang, biar laporannya bukan dalam bentuk kata2, tapi laporan dalam gambar/foto biar lebih menggigit, dan dapat memberikan support pada mereka yang akan menyusul kamu kesana
    • saya ingin memberikan gambaran ama bapak kamajaya tentang keadaan saya disini,,,,, alhamdulillah saya betah di tempatin di perusaan ini,, kalo boleh mah pengennya sih 5 tahun juga gak apa2 ,, bneran yakin !!!!!terus mengenai kerjaan,, kerjaan saya disini hampir sama kayak waktu PRAKERIN saya dulu di PT. PINDAD PERSERO BANDUNG,, ALHAMDULILLAH berkat pengajaran pembimbing saya dulu di PT PINDAD mengenai mesin CNC,, ternyata sangat bermanfaat bagi saya disini,,, dan yang lebih penting ialah mental,, 
     ya kamu pas banget dengan pemikiran atau tujuan yang ingin saya capai sebagai guru, yaitu menempatkan anak didik ditempat yang bagus, meskipun cukup memakan biaya dan waktu itu dianggap sangat berat, namun saya yakin, bila semuanya sesuai rencana para siswa inginnya saya seperti kamu-kamu, coba lihat diblognya saya itulah yang ada dibenak saya: kamajaya2009.blogspot.com
o    meeru o mite mimasu,, artinya akan saya lihat sekarang
      • ya saya ingin dengar komentar kamu
    • patut di acungi jempol
      • kamu ngomongnya jujur gak?
    • shitakaburi jya nai, shojiki shinakereba naranai,,, artinya ya jujur lah
      • syukur kalau memang itu pendapat kamu pribadi, saya tuh memang kuat sekali ingin anak didiknya berhasil, sebaliknya terasa sakit bila anak didiknya menjadi pengangguran, kamu gimana ada kepikiran gak untuk kuliah on line, agar kamu pulang kesini segera berubah statusnya dari SMK menjadi sarjana, karena tentunya model kamu2 disana tidak bisa disamakan dengan mereka yang baru lulus, masa nanti kalau bekerja disini gajinya sama mengikuti UMR
    • boleh juga tuh,, sebelum terlambat saya harus daftar,, gimana cara registrasi dan adminya bapak kamajaya,,,, motto oshiete onengaishimasu ,,,artinya saya mohon kasih pengarahan lebih banyak lagi
      • coba kamu lihat dan tanya ke politeknik pos di bandung melalui websitenya, kamu coba temukan politeknik pos tersebut dan silakan tanya2 lebih jauh melalui contact person, bilang infonya dari pak kamajaya dari smkn1 losarang
    • oke akan saya lihat website nya sekarang juga
      • ya saya harap kamu dapat memperoleh jawaban apa yang ingin kamu tanyakan
    • tolong kasih tau nama website nya yg lebih jelas lagi dong pak,, bingung kebanyakan pilihan
    • kok itu mah bagian kantor pos ya pak,, bukan manufaktur
      • bukan bagian pos, memang gak ada manufacturnya, tapi kamu bisa masuk ke komputer atau teknik lainnya
    • oooh begitu,,, mau daptar aaaah... sekalian cari jodoh ... hehehehe ,,
      • tapi kalau ada sekitar 20 orang, nanti akan mereka hubungkan dengan politeknik manufakturnya seperti TEDC atau TTUC di Cimahi Bandung
      • aduh saya mau keluar dulu ya, ada perlu lain kali kita sambung lagi, jangan lupa tolong kirim fotonya
    • OK
    • ki o tsukete artinya tolong hati2

Minggu, 01 April 2012

BAGAIMANA CARA BELAJAR DI SMK

Peserta Didik Sedang Memeriksa Machine Lathe
Bagaimana sebaiknya peserta didik SMK belajar? Pertanyaan ini sangat sederhana dan tidak asing ditelinga setiap peserta didik tentang bagaimana cara melakukan pembelajaran, mungkin disini Umar Bakrie nDeso hanya ingin mengingatkan saja, yang pertama fokus utamanya dari pembelajaran di SMK dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didiknya siap memasuki dunia usaha dan Industri (DU/DI) dan tidak menutup kemungkinan juga untuk bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, serta mempersiapkan peserta didik SMK untuk menjadi enterpreuner atau wirausahawan muda yang tangguh dan sukses.
Untuk dapat mempersiapkan peserta didik sesuai dengan tujuan pendidikan di SMK, baik pemerintah pusat dalam hal ini Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Ditpsmk), Dinas Pendidikan Propinsi dan Kabupaten secara berkala mensupport hal-hal yang diperlukan SMK, baik berupa sarana dan sarana pembelajaran, pelatihan-pelatihan bagi Guru Normatif, Adaptif dan Produktif dan kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya  merangsang peserta didik SMK untuk melakukan hal-hal inovatif dan kreatif dari penguasaan kompetensi yang dipelajarinya, maka dipandang perlu peserta didik SMK dituntut untuk mengetahui cara memperoleh penguasaan kompetensi secara baik, antara lain:

  • Harus mampu melakukan pembelajaran sendiri (self acces study) terutama untuk bidang studi yang sifatnya    teoritik baik melalui bacaan buku referensi maupun diperoleh dari akses internet.
  • Harus punya banyak koleksi video pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang dipelajari, serta beberapa macam animasi materi pelajaran yang mendukung bagi peningkatan pemahaman pengetahuan.
  • Memanfaatkan ajang praktek kerja industri (prakerin) untuk menggali penguasaan kompetensi produktif (pembelajaran yang bersifat praktek) seluas-luasnya. 
  •  Dapat meminta tambahan kegiatan praktek (bila peralatan praktek tidak sedang digunakan)
  • Lakukan penggalian ilmu pengetahuan dan teknologi melalui kelompok belajar dan atau menanyakannya kepada mereka yang dipandang mampu mengatasi permasalahan yang kita hadapi.
  • Selalu bersemangat untuk dapat menguasai kompetensi yang sedang kita geluti.
  • Fokuskan pikiran kita pada usaha pencapaian cita-cita yang kita inginkan.
Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal lain yang ingin Umar Bakrie nDeso sampaikan, may be next time to explanation how to learn in vocational high school.