Kamis, 05 April 2012

BERAPA PERSENKAH GURU BIDANG STUDI MEMBERIKAN KONTRIBUSI KEILMUANYA PADA PESERTA DIDIK?

Sebenarnya berapa persenkah (%)  kita sebagai Guru memberikan kontribusi ilmu pengetahuan dan teknologi pada peserta didik di sekolah? Untuk menjawab pertanyaan ini tentu tidak mudah dilakukan, karena bisa saja ada salah seorang Guru yang memberikan pengarahan/ pendidikan lebih  diluar KBM resmi dan aspek-aspek lainnya.

Untuk memudahkan perhitungan, kita coba ilustrasikan bahwa yang akan kita cetak adalah   siswa  yang sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah digariskan, anggap saja kita akan membuat sebuah kubus besar yang utuh.

Dimana kubus besar dan utuh ini (kompetensi keahlian peserta didik) disusun dari berbagai kubus kecil (bidang studi yang disampaikan Guru), bila kubus kecil tadi tersusun atas 27 buah kubus kecil, maka kontribusi kita sebagai Guru yang  mengajar satu kali atau satu bidang studi saja pada peserta didik, besaran prosentasinya adalah 1/27 x 100%, kira-kira hanya 3,7% saja (kecil sekali).

Perhitungan sebenarnya adalah jumlah seluruh bidang studi yang diajarkan dari mulai tingkat 1 sampai tingkat 3 (untuk SMK 3 tahun) bila jumlahnya lebih banyak dari angka 27, maka dengan menggunakan perhitungan yang sama jumlah prosentasinya semakin kecil saja.

Perhitungan diatas didasarkan pada bidang studi yang kita berikan, bukan pada perhitungan jumlah jam. Dengan melakukan perhitungan yang sama, bila seluruh unsur dimasukkan akan dapat diperoleh perhitungan yang pasti. (Guru dapat melakukan perhitungannya sendiri)
Semoga kita yang ditugasi untuk memberikan keilmuan pada peserta didik, menyadari akan keadaan hal tersebut betapa kecilnya kontribusi kita sebagai Guru pada peserta didik, diharapkan dengan adanya ilustrasi di atas kita dapat berbuat lebih banyak untuk mereka, agar anak didik kita dapat mencapai apa yang dicita-citakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar